MENJADI GURU NGAJI HINGGA BIMBINGAN HAJI

solehram asli

Ayah dari 5 orang anak yang sedang menyelesaikan kuliah S3 ini, memang memiliki konsistensi didalam mendidik dan memberikan pemahaman keagamaan kepada keluarga dan lingkungan. Konsistensi ini diawali  dengan bekal pendidikan yang dilaluinya, Beliau menyelisaikan pendidikan dasar Ibtidaiyah tahun 1966, lulus Aliyah 1973 dan menjadi Sarjana di IAIN Ciputat pada tahun 1978. Pemahaman serta pemahaman selama melalui jenjang pendidikan ini dijadikannya salah satu landasan dalam membangun keluarga sekaligus menjadi seorang Juru Dakwah.

Menjadi seorang Da’i sepertinya sudah menjadi bakat alamiah yang ada dalam dirinya, kecendrungan tersebut sudah mulai terlihat ketika beliau menjadi guru TPA yang pada saat itu baru berusia 12 tahun, dan baru menyelesaikan Ibtidaiyah didaerah kelahirannya. Tahun demi tahun kegiatan menjadi guru ini terus digelutinya hingga remaja kemudian  tumbuh keinginannya untuk membentuk pengajian para pemuda dan remaja di sekitar wilayahnya.

 Dengan keseriusan dan tekad yang kuat keinginan itupun tercapai dengan terbentuknya pengajian Al Fataa artinya (Sanggar Remaja), nama Al-Fataa  itu merupakan pesan dari gurunya yang mewasiatkan apabila hendak membentuk pengajian maka namakanlah pengajian tersebut dengan nama Daarul Fataa selain wasiat dari gurunya Al Fataa juga merupakan salah satu nama yang diambil dari Al Quran  surat Al Kahfi ayat 13 yang artinya “Sesungguhnya mereka itu adalah Pemuda-pemuda yang beriman kepada Tuhan mereka dan kami tambahkan  kepada mereka petunjuk” dengan harapan  orang-orang yang mengaji di sanggar remaja tersebut dapat menjaga dan mempertahankan imannya.

Tidak cukup sampai disitu keseriusan suami Hj. Saidah Zaini dalam mengeluti dunia dakwah, Beliaupun aktif dalam mengisi khutbah-khutbah yang diselenggarakan oleh pihak masjid    ataupun instansi, baik pada shalat jum’at ataupun pada Perayaan hari-hari besar Islam. Kemampuan yang dipadukan dengan pengalaman semakin membuat KH.M.Sholeh Ramly meningkatkan kwalitas dakwahnya  dimana hal ini dibuktikannya dengan membuat 85 buah naskah khutbah yang dikumpulkannya dalam waktu satu tahun yang sampai saat ini masih aktif berjalan.

Berangkat dari perjalanan menjadi Da’i, KH. Drs. M. Sholeh Ramly MM, akhirnya mengembangkan aktivitas dakwah dengan membentuk Kelompk Bimbingan Ibadah Haji (KBIH), dengan nama KBIH Daarul Fataa yang didirikan  pada tahun 1984 dan Alhamdulillah sampai saat ini masih berjalan. Pada tahun 2015 bimbingan haji inipun semakin berkembang. Hingga Daarul Fataa pun menyelengarakan Umroh Keliling ke Timur Tengah, Mengunjungi tempat-tempat bersejarah untuk umat Islam.

Setelah KBIH Daarul Fataa ini berkembang kemudian terbentuklah Lembaga Pendidikan Dakwah yang bernama Perguruan Islam Daarul Fataa yang berdiri  sejak tahun 1996, meliputi  TK, SDI Terpadu, SLTP,SMK/ SMEA dan Aliyah. Yang berada diwilayah Kabupaten Bogor, Letaknya di Jl.Sudimampir – Cimanggis Bojonggede – Bogor Jawa Barat.